PERUSAHAAN MULTINASIONAL
⤷ Sebuah perusahaan yang berbasis di satu negara (negara induk) dan memiliki kegiatan produksi serta pemasaran di satu atau lebih negara asing.
Aspek-aspek Etis dari Perusahaan Multinasional
Menurut Richard De George, ada sepuluh aturan etis yang terpenting bagi perusahaan multinasional dalam hubungan bisnisnya dengan negara berkembang.
Sepuluh aturan etis tersebut yaitu :
- Perusahaan multinasional dengan sengaja tidak boleh mengakibatkan kerugian langsung.
- Perusahaan multinasional harus menghasilkan banyak manfaat daripada kerugian bagi negara yang digunakaan untuk beroperasi.
- Perusahaan multinasional harus memberi kontribusi kepada pembangunan negara yang digunakan untuk beroperasi.
- Perusahaan multinasional harus menghormati Hak Asasi Manusia dari semua karyawannya.
- Perusahaan multinasional harus menghormati kebudayaan lokal, bekerja sama, dan tidak melanggar norma-norma etis.
- Perusahaan multinasional harus membayar pajak yang fair.
- Perusahaan multinasional harus bekerja sama dengan pemerintah setempat dalam mengembangkan dan menegakkan background institutions.
- Negara yang memiliki mayoritas saham sebuah perusahaan harus memikul tanggungjwab moral atas kegiatan dan kegagalan perusahaan tersebut.
- Jika perusahaan multinasional membangun pabrik yang beresiko tinggi, perusahaan wajib menjaga supaya pabrik tersebut tetap aman.
- Dalam mengalihkan teknologi beresiko tinggi kepada negara berkembang, perusahaan multinasional wajib merancang kembali sebuah teknologi dengan sedemikian rupa, sehingga dapat dipakai dengan aman.
Peranan Etika dalam Bisnis
Menurut Richard De George, ada tiga hal yang dibutuhkan perusahaan untuk mencapai kesuksesan, yaitu :
- Produk yang berkualitas.
- Manajemen yang mulus.
- Etika.
Kode Etik Perusahaan Multinasional
Tujuan Kode Etik yaitu supaya profesional memberikan jasa yang sebaik-baiknya kepada para pemakai / nasabahnya.
Berikut ini merupakan manfaat kode etik perusahaan :
Dampak dari Perusahaan MultinasionalBerikut ini merupakan manfaat kode etik perusahaan :
- Kode etik dapat meningkatkan kredibilitas suatu perusahaan, karena etika telah dijadikan sebagai corporate culture.
- Kode etik dapat membantu dalam menghilangkan grey area atau kawasan kelabu di bidang etika.
- Kode etik dapat menjelaskan bagaimana perusahaan menilai tanggungjawab sosialnya.
Berikut ini merupakan kritik yang ditujukan kepada kode etik perusahaan :
- Kode etik perusahaan seringkali merupakan formalitas belaka untuk membuat pihak luar kagum dengan perusahaan tersebut.
- Perumusan kode etik perusahaan terlalu umum, sehingga tidak menunjukkan jalan keluar bagi masalah konkret yang dihadapi oleh perusahaan.
Berikut ini merupakan faktor-faktor yang perlu diperhatikan untuk menjamin keefektifan kode etik perusahaan :
- Kode etik sebaiknya dirumuskan berdasarkan masukan dari semua karyawan.
- Kode etik perusahaan sewaktu-waktu harus direvisi dan disesuaikan dengan perkembangan intern maupun ekstern.
- Kode etik perusahaan harus ditegakkan secara konsekuen dengan menerapkan sanksi, yang dilakukan dengan cara fair dan adil.
Dampak positif dari perusahaan multinasional, antara lain :
- Menambah devisa negara melalui penanaman di bidang ekspor.
- Memodernisir industri.
- Menambah kesempatan kerja dengan membuka lapangan kerja baru.
- Ikut mendukung dalam pembangunan nasional.
- Mengurangi kebutuhan devisa untuk impor di sektor industri.
Dampak negatif dari perusahaan multinasional, antara lain :
- Limbah yang dihasilkan oleh perusahaan multinasional akan mencemari lingkungan.
- Kesenjangan sosial antara tenaga kerja.
- Budaya konsumsi yang dibawa perusahaan tersebut mengubah budaya lokal dan pada akhirnya mematikan unit-unit usaha tradisional.
Karakteristik Perusahaan Multinasional
Berikut ini merupakan karakteristik dari perusahaan multinasional :
Berikut ini merupakan karakteristik dari perusahaan multinasional :
- Membentuk afiliasi / cabang di luar negeri.
- Visi dan strategi yang dimiliki perusahaan bersifat global.
- Lebih cenderung mimilih kegiatan bisnis tertentu, umumnya manufaktur.
- Menempatkan afiliasi di negara-negara maju.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar